tips investasi di reksadana untuk investor pemula
INVESTASIREKSADANA

Tips Investasi di Reksadana untuk Investor Pemula

Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Investasi adalah pilihan yang paling tepat dan aman untuk kestabilan keuangan di masa depan. Di-era yang serba teknologi seperti sekarang sangat mudah mencari informasi seputar investasi, jadi jangan merasa ragu untuk berinvestasi karena kurang pengalaman. Investasi berdasarkan ruang lingkupnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu riil dan non riil. Untuk Investasi riil / investasi keuangan ada beberapa jenis investasi yang bisa dipilih, yang terbilang mudah dan tepat salah satunya adalah reksadana.

Ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 terkait pasar modal di pasal 1, ayat (27) menjelaskan bahwa media yang digunakan dalam mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal, berikutnya dimanfaatkan untuk kegiatan investasi dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. Sistem dilakukan secara transparan dan jadi investor bisa memantau modal yang di kelola oleh Manager Investasi.

Mengenai investasi tentu saja tentu ada kelebihan dan kekurangan, beberapa resiko yang bisa terjadi di reksadana diantaranya menurunnya NAB (Nilai Aktiva Bersih/ nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksadana setiap harinya) Unit Penyertaan yang disebabkan beberapa hal salah satunya naik dan turunnya pasar saham, resiko pencairan dana yang terjadi karena terlambatnya ketersediaan dana untuk membayar penebusan yang dilakukan investor.

 Reksadana sendiri, memiliki lembaga yang bertugas dalam pengawasan aktifitas keuangannya, yaitu OJK atau kepanjangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Sebagaimana yang telah tercatat di dalam UU OJK tepatnya di Pasal 4 Huruf C, pembentukan OJK bertujuan agar seluruh kegiatan dalam sektor jasa keuangan mampu melindungi kepentingan konsumen atau nasabahnya terlepas dari tingkat lapisan masyarakat yang tergabung dalam investasi di Reksadana tersebut. Bentuk nyata yang diwujudkan dalam pelaksanaan dari peraturan Undang- undang ini, adanya kegiatan perlindungan yang diberikan ketika terjadi permasalahan dalam bentuk tindak pelanggaran ataupun kejahatan di sektor keuangan.

tips investasi di reksadana untuk investor pemula

Wanprestasi merupakan suatu keadaan dimana pihak yang bersangkutan dengan reksadana mengalami kegagalan atau tidak dapat memenuhi hal yang telah tertulis dalam kontrak perjanjian. Resiko umum disini, diartikan sebagai resiko yang kemungkinan besar dapat terjadi ketika seseorang gagal membayar kewajibannya. Jadi, hal yang harus diperhatikan pertama kali yaitu selektif ketika memilih perusahaan manager investasi.

 Namun, tentu saja resiko-resiko tersebut dapat di atasi dengan beberapa tips yang tepat, seperti:

Memulai Dengan Investasi Kecil

Mulailah berinvestasi sedini mungkin karena hal utama yang harus diperhatikan dalam berinvestasi bukanlah modal yang dimiliki, tetapi niat dan kemauan karena investasi bisa diawali dengan hal – hal kecil.

Lihat Kebutuhan dan Tentukan tujuan investasi

Yang harus di ketahui sebelum berinvestasi bahwa reksadana adalah instrumen atau media yang menjembatani keberhasilan keseimbangan keuangan di masa depan. Oleh karena itu tujuan atau target berinvestasi harus jelas dan sesuai kebutuhan agar bisa fokus dalam mengembangkan investasi tersebut.

Tentukan Jenis Reksadana

Jenis – jenis reksadana yang beragam memberikan kemudahan investor untuk memilih jenis reksadana berdasarkan kemampuan modal. Bijaklah dalam memutuskan jenis reksadana karena hal ini berkaitan dengan keuntungan dan kerugian yang akan ditanggung. Jika menginginkan untung yang tinggi maka risiko yang ditanggungnya juga cukup besar.

Kapabilitas Keamanan

Kapabilitas keamanan dilakukan dengan memperhatikan rekam jejak atau reputasi selama menangani proyek reksadana. Sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari produk – produk yang ditawarkan, kemudian  tentukan prioritas utama sebelum memilih produk.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.