cara tahu kadar emas di perhiasan tanpa ribet
EMAS

Cara Tahu Kadar Emas di Perhiasan Tanpa Ribet

Emas sering kali dijumpai di masyarakat dalam wujud sebuah perhiasan. Mulai dari cincin, kalung, anting, tiara, gelang, dan masih banyak bentuk lainnya lagi. Selain dimanfaatkan sebagai pelengkap style keseharian baik oleh pria ataupun wanita, memiliki emas dapat mendatangkan keuntungan besar di kemudian hari.

Membeli emas, sama halnya Anda sedang berkontribusi melaksanakan salah satu cara berinvestasi paling aman dengan harga yang terjangkau di kalangan masyarakat. Ada banyak sekali pilihan karat dalam emas yang dapat dipilih oleh pembeli sebelum melakukan transaksi. Karat,  memiliki pengertian sebagai ukuran satuan dalam pengukuran dari kadar murni yang terdapat di dalam emas.

Berbeda kasusnya jika emas yang tersedia dalam bentuk batangan. Maka, hal yang perlu diperhatikan adalah berat atau gram dari emas tersebut.  Emas batangan, ditawarkan ke pangsa pasar dengan tingkat kemurnian sebesar 99,9%.

Perhiasan yang di dalamnya terkandung emas, atau emas yang ditempa menjadi sebuah perhiasan, dijual ke pasaran dalam berbagai macam karat. Ada yang ditawarkan dengan 18 karat, 22 karat, 24 karat dan lain sebagainya. Semakin tinggi angka karatnya yakni mendekati nilai 100, harga yang dibanderol juga ikut meningkat.

Seperti yang dilansir dalam laman Sehatigold.com, “ada cara mudah untuk mengetahui kadar murni dari sebuah emas. Nama alatnya adalah gold tester. Alat cukup ditempelkan ke emas yang akan diuji kadarnya.”

Pengujian kadar emas ini, bisa juga dilakukan dengan cara menggosokkan emas ke sebuah batu, keramik, ataupun kertas. Jika tampak ada warna hitam dari hasil goresannya, sudah dapat dipastikan emas yang Anda miliki merupakan emas-emasan yang berarti palsu. Emas dengan kandungan murni, setelah digoreskan tampak seperti awal tanpa adanya noda yang tertinggal dalam media.

cara tahu kadar emas di perhiasan tanpa ribet

Ketika berada di toko perhiasan emas, Anda akan menemukan berbagai macam kode-kode unik yang direkatkan ke perhiasannya. Kode tersebut juga dapat menjadi acuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kemurnian emas yang terkandung di dalam perhiasan tersebut. Perhiasan yang memiliki kadar mencapai 24 karat atau setara dengan tingkat kemurnian dari emasnya itu sendiri, ditandai dengan kode mulai dari angka 700 hingga 750.

Berikutnya, kode yang bertuliskan angka 916 ditunjukkan untuk perhiasan dengan kemurnian emas sebesar 23 karat. Lalu, ada kode selanjutnya yaitu 375 sebagai tanda untuk emas yang tingkat kemurniannya berada di bawah persentase 50 atau sekitar 18 karat saja. Terkadang ditemukan juga kode dengan angka 420 yang digunakan untuk menandai perhiasan dengan kadar murni mencapai 20 karat.

Kandungan emas dalam sebuah perhiasan yang Anda miliki, bisa diketahui juga melalui tetesan dari larutan yang bersifat asam. Larutan yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan pengujian kadar emas adalah larutan nitrat atau rumus kimianya HNO3. Emas akan mengalami kontak dengan larutan yang diteteskan dan bereaksi menunjukkan tidak terjadi perubahan terhadap warna dari perhiasan jika memang emas bersifat asli, begitu pula sebaliknya.

Pembelian emas sebaiknya dilakukan secara langsung dengan mendatangi toko emas terpercaya di daerah Anda. Meskipun kini sudah banyak juga toko-toko emas konvensional yang memanfatkan kecanggihan teknologi menjadikan tokonya sebagai bagian dari toko online, Anda harus lebih teliti dalam melakukan transaksi melalui dunia maya. Supaya terhindar dari tindak kejahatan penipuan, lakukan transaksi hanya di toko-toko online yang telah tergabung dengan platform belanja online terkemuka di Indonesia

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.