bagaimana cara proses kta dalam suatu bank
KTAPinjaman

Bagaimana Cara Proses KTA dalam Suatu Bank?

Memecahkan masalah dengan menghadirkan masalah baru seperti halnya menggali lubang lalu menutupnya kembali tapi cara yang diambil tidak pada jalurnya. Artinya, seseorang yang ingin membereskan permasalahan hutang malah terjerumus ke dalam permasalahan lainnya karena dilakukan dengan cara meminjam sejumlah uang untuk melunasi hutang sebelumnya. Kebiasaan buruk yang kerap kali terjadi di kalangan masyarakat luas ini, perlu dibenahi kembali dan ditata sistemnya agar kaum millennial di jaman sekarang tidak mencontoh perilaku tersebut.

Perkembangan teknologi, yang seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari, sering disalah artikan pemanfaatannya. Saking mudahnya, beberapa aplikasi pinjaman online sengaja diluncurkan ke masyarakat luas dengan penawaran suku bunga rendah bagi para konsumennya. Prosedurnya yang harus dijalani cenderung sangat mudah dan Anda tidak perlu repot-repot keluar dari rumah menuju tempat peminjaman uang tersebut.

Cara seperti itu, umumnya memiliki tingkat resiko sangat tinggi, karena bunga yang diberikan sewaktu-waktu dapat naik tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak peminjam. Selain itu, orang-orang di sekeliling Anda jadi mengetahui nominal hutang yang dimiliki, sebab mereka juga menjadi incaran para penagih hutang . Berdasarkan laporan yang diberitahukan oleh para korban peminjam online kepada pihak berwajib, mereka kerap mendapatkan perlakukan tindakan pelecehan seksual ataupun tindakan kekerasan dari pihak penagih yang berdampak traumatis ke diri dari korban tersebut.

Berbeda kasusnya jika Anda melakukan pinjaman melalui KTA dari sebuah bank, Anda tidak akan merasakan perlakuan merugikan baik secara mental maupun fisik. KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan yang  dikeluarkan oleh suatu bank kepada pemohon kredit atau nasabah, melalui prosedur yang tersusun secara sistematis serta dana yang diberikan jelas pemanfaatannya. Sehingga, tidak sembarang orang dapat mengajukan KTA.

Pihak bank, akan mengadakan survey ke tempat tinggal dari peminjam untuk menganalisa dan mengkonfirmasi pemberkasan yang telah diisi oleh peminjam. Setelah dipastikan keaslian dari informasi yang diberikan pihak pemohon, bank berhak untuk memberikan keputusan penolakan atau persetujuan lebih lanjut. Nasabah peminjam ini, kelak diwajibkan memiliki buku rekening baru yang terpisah dari rekening pribadinya, maksudnya saldo dalam rekening baru secara otomatis akan langsung terhubung ke bagian pembayaran kredit bank setiap kali sudah memasuki tanggal jatuh tempo pembayaran yang disepakati sebelumnya.

bagaimana cara proses kta dalam suatu bank

Proses KTA sendiri tergolong mudah, karena tidak terlalu berbelit-belit dan jelas cara pembayaran setiap bulannya. Selain itu, persentase bunga yang dibebankan kepada pihak peminjam tidak akan bertambah berlipat-lipat ganda secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan dari pengelola kredit bank. Akan tetapi, semakin lama Anda menunda pembayaran cicilan pinjaman yang seharusnya dibayarkan tepat waktu, semakin besar juga persentase bunga dari tunggakan di bulan-bulan yang lalu.

Bila sampai akhirnya pihak peminjam tidak sanggup melunasi pembayaran kredit yang telah menunggak hingga sekian tahun, secara otomatis bank akan mengambil tindakan nyata berupa penyitaan barang berharga milik peminjam. Baik itu berupa aset kekayaan, kendaraan , sampai dengan rumah sekalipun dapat disita oleh bank tanpa perlu meminta ijin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Langkah ini, sama halnya seperti jalur alternatif yang diberikan oleh bank untuk membuat nasabah terbebas dari beban hutang yang dimilikinya.

Barang-barang hasil sitaan tidak semata-mata hanya disimpan dan ditimbun oleh bank di suatu tempat. Perusahaan akan memutar kembali kerugian yang didapatinya dengan menawarkan barang tersebut ke dalam acara lelang. Melalui acara tersebut, bank dapat menutupi anggaran KTA yang sebelumnya sempat hilang akibat pelaku kredit yang tidak tertib.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *